10 Juli 2018, 00:00 WIB / oleh Laila Ramdhini / Dilihat 131 Kali

Keenam ruas tol sepanjang total 327 kilometer (km) itu, terdiri atas proyek milik pemerintah dan proyek yang diprakarsai swasta.

Pemerintah melelang enam proyek jalan tol senilai Rp 124 triliun tahun ini. Keenam ruas tol sepanjang total 327 kilometer (km) itu, terdiri atas proyek milik pemerintah (solicited) dan proyek yang diprakarsai swasta (unsolicited).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan keenam proyek tersebut yakni Semarang-Demak, Semanan-Balaraja, Kamal-Teluk Naga-Rajeg, akses tol Pelabuhan Patimban, Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, dan Jembatan Penajam-Penajam Paser Utara. Ruas tol yang paling siap dilelang yakni Semarang-Demak.

“Pengumuman prakualifikasi pertama untuk ruas Semarang-Demak rencananya pekan depan dan dilakukan sekitar sebulan,” kata Herry, Jakarta, Selasa (10/7).

Proses lelang jalan tol tersebut akan dilakukan setelah prakualifikasi dan berlangsung sampai enam bulan ke depan. Sehingga, di awal 2019 perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) sudah bisa diteken.

Ruas Semarang-Demak sudah masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) karena merupakan proyek yang digagas pemerintah. Setelah itu, kelima proyek lainnya yang merupakan gagasan swasta akan dilelang selanjutnya sesuai kesiapan masing-masing.

Berikut enam ruas tol yang akan dilelang:

Proyek Solicited:

1. Semarang-Demak (26,80 km) senilai Rp 15,34 triliun


Proyek Unsolicited:

1. Semanan-Balaraja (31,90 Km) senilai Rp 16 triliun
Pemrakarsa: konsorsium PT Alam Sutera Realty dan PT Perentjana Djaja

2. Kamal-Teluk Naga-Rajeg (38,60 Km) senilai Rp 23,16 triliun
Pemrakarsa: PT Duta Graha Karya

3. Akses Pelabuhan Patimban (37,70 Km) senilai Rp 6,4 triliun
Pemrakarsa: konsorsium PT Jasa Marga, PT Surya Semesta Internusa, PT Daya Mulia Turnaga, PT Jasa Sarana

4. Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (184 Km) senilai Rp 46,6 triliun
Pemrakarsa: PT Jasa Marga dan PT Daya Mulia Turangga

5. Jembatan Balikpapan-Penajam Paser Utara (7,60 Km) senilai Rp 16,5 triliun
Pemakarsa: konsorsium PT Waskita Toll Road, PT KBK - Pemprov Kalimantan Timur, Pemda Benua Taka Kab. Penajam Passer Utara, Pemda Kota Madya Daerah Tingkat II Balikpapan

https://www.alinea.id/bisnis/pemerintah-lelang-enam-ruas-tol-senilai-rp124-triliun-b1U2t9cyA